Ads (728x90)

Pilih Facebook atau Twitter ?


Dalam perkembangannya, Facebook dan Twitter menjadi dua dari banyak jejaring sosial yang sukses dan mampu menjaring banyak pengguna. Hal ini yang kemudian memancing mereka secara tak langsung dalam persaingan dalam memperebutkan siapa yang pantas jadi terbaik. ?



Sebelum saya membahas lebih jauh, 
Menurut kalian,  kalian lebih suka facebook atau twitter ?
Diawab yah, melalui koment di bawah 


Kemudian, persaingan ini pun merembet ke penawaran fitur-fitur menarik kepada pengguna. Hal ini tentunya agar memberikan nilai plus kepada pengguna mengenai citra mereka di hadapan pengguna.

Namun, rupanya kebut-kebutan memberikan fitur ini tak bisa melebar dan terbatas pada fitur-fitur yang itu-itu saja. Sehingga, terkesan jejaring sosial yang satu selalu menirujejaring sosial yang satunya lagi.

Hal ini paling kentara terhadap Facebook. Dalam berbagai kesempatan, Facebook terbukti meniru apa yang dimiliki Twitter entah disengaja atau tidak.

Lantas, apa saja fitur-fitur yangcoba ditiru Facebook dari Twitter? Simak ulasannya yang dirangkum First Post (1/8) berikut ini.

1. Embedded Post

Seperti yang dilansir oleh RedOrbit (1/8), Facebook kembali mengikuti Twitter dalam melengkapi fitur jejaring sosialnya. Setelah menambahkan fitur hashtag, kini Facebook menambahkan pulafitur embed post.

"Hari ini kami memulai untuk mengeluarkan Embedded Post untuk mempermudah siapa saja mempublikasikan post dari Facebook ke seantero internet," tulis Facebook dalam pengumumannya.

Dengan fitur embed post ini, pengguna bisa membagi atau share post mereka di Facebook ke laman situs lainnya. Ini mirip dengan yang bisa dilakukan untuk tweet di Twitter atau video di YouTube.

2. Hashtag

Sebelum adanya Embedded Post, Facebook lebih dulu meniru fitur hashtag. Padahal, ini merupakan fitur andalanTwitter sejak pertama kali diperkenalkan pada 2009.

Fungsi hashtag di Facebook sendiri mirip dengan fungsinya di Twitter. Di Facebook, pengguna bisa menggunakan hashtag untuk mengelompokkan berbagai post berdasarkan kata kuncinya.

Penggunaannya juga mirip, tinggal tambahkan karakter # di depan kata kunci, maka sebuah hashtag pun resmi tercipta.

3. Verified account

Sama seperti Twitter, Facebook jugamiliki fitur Verified account yang diberikan kepada beberapa akun khusus. Dengan fitur ini, sebuah akun bisa diketahui keasliannya.

Fitur ini sendiri diberikan kepada akun pesohor terkenal baik dunia maupun nasional. Hal ini yang juga ditawarkan oleh Twitter sejak 2009.

Berbeda dengan Twitter, Verifiedaccount adalah hak prerogatif Facebook. Pengguna tak bisa meminta akunnya diberikan tanda ini begitu saja kepada Facebook.

4. Follow

Sebelum memberikan fitur ini, Facebook sendiri menamainya dengan Subscribe atau berlangganan. Dengan klik tombol ini, seseorang bisa mengikuti timeline seorang pengguna tanpa harus menjadi temannya.

Karena kesamaannya dengan Follow, Facebook sendiri kemudian mengganti namanya dengan Follow. Ini mirip dengan yang ditawarkan Twitter.

5. Mention

Sejak lama, Twitter menggunakan karakter @ sebelum akun pengguna agar bisa melakukan mention. Dengan begitu, pengguna yang dimention bisa terlibat dalam sebuah percakapan.

Hal ini yang kemudian juga dihadirkan oleh Facebook. Di Facebook, sejak 2009 pengguna bisa melakukan mention, atau tagging dalam istilah mereka, untuk melibatkan seseorang dalam sebuah percakapan.




Sampai Jumpa

Posting Komentar